Tips Merawat Ban Motor Agar Awet

  • Whatsapp
Tips-Merawat-Ban-Motor-Agar-Awet
Foto dari Canva Photos Unlimited

Ban motor merupakan bagian penting sepeda motor yang berfungsi sebagai alat gerak sepeda motor. Semakin bagus ban motor, motor akan semakin nyaman dipakai dan tentu saja lebih aman. Jika ban motor mengalami sedikit kendala saja motor bisa sulit digerakkan, misalnya kurang angin. Pentingnya ban motor inilah yang membuat kita harus telaten merawat ban motor. Berikut adalah tips merawat ban motor agar awet:

  1. Gunakan standard dua (standard tengah) saat parkir. Standard tengah berfungsi untuk mengurangi tekanan ban pada posisi yang sama di waktu yang lama. Standard tengah lebih menjaga keseimbangan tekanan pada ban motor dibandingkan dengan standard samping.
  2. Periksa keadaan ban motor secara rutin. Kondisi angin dan kondisi fisik ban harus rajin diperiksa. Ban motor yang sering kekurangan angin akan lebih cepat aus dibandingkan dengan ban motor yang rutin dipompa dalam waktu tertentu (sesuai keadaan fisik ban).
  3. Jauhi ban dari kontaminasi bahan kimia. Bahan dasar ban motor adalah karet. Karet merupakan suatu benda yang mudah bereaksi dengan zat-zat kimia tertentu. Selain mudah terbakar, karet juga memiliki tingkat elastisitas yang membuatnya mudah bereaksi pada kondisi tertentu.
  4. Kurangi kontak antara ban dengan jalan yang rusak. Ban akan lebih cepat aus ketika sering melewati jalanan rusak. Oleh karena itu, apabila masih ada jalan alternatif yang lebih aman, pilihlah jalan alternatif agar ban lebih awet.
  5. Jangan biarkan ban motor terpapar sinar matahari terlalu lama. Meski kedengarannya remeh, hal ini termasuk tips merawat ban motor agar awet yang penting dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ban motor memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Apabila ban motor terkena panas terlalu lama, struktur fisik ban motor akan cepat berubah. 
  6. Ganti segera ban motor yang sudah melewati batas TWI (Tread Wear Indicator). TWI merupakan tanda keausan dari sebuah ban motor yang sudah ditetapkan dari pabrik. Ban yang sudah melewati TWI harus diganti supaya motor lebih aman dipakai.

Demikian tips merawat ban motor agar awet. Ban motor adalah unit fungsional utama dari pergerakan sepeda motor. Sayangi ban motor Anda bila ingin motor Anda tetap enak dipakai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *