Mengenal 7 Jenis Sepatu Olahraga dan Fungsinya

  • Whatsapp
Mengenal-7-Jenis-Sepatu-Olahraga-dan-Fungsinya
Foto oleh Kaique Rocha

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara rutin, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat, kuat, dan bugar. Dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga, Anda tentu memerlukan peralatan dan kostum yang nyaman dan sesuai, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah sepatu. Saat ini ada banyak pilihan sepatu olahraga berkualitas yang bisa Anda pilih dengan harga yang cukup terjangkau, seperti harga sepatu Adidas.

Jenis Sepatu Olahraga

Namun, tahukah Anda bahwa setiap jenis olahraga juga memerlukan pemakaian sepatu olahraga yang berbeda? Berikut beberapa jenis sepatu olahraga beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui agar bisa memilih sepatu olahraga yang tepat untuk aktivitas Anda.

1. Sepatu untuk berjalan

Olahraga jalan kaki adalah olahraga yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Agar bisa melakukan olahraga jalan kaki dengan nyaman, maka Anda perlu menggunakan sepatu yang bisa membuat tumit dan mata kaki Anda nyaman dengan tidak menimbulkan efek nyeri. Sepatu olahraga untuk berjalan biasanya memiliki model yang ringan dan bisa meredam benturan di bagian tumit. Sepatu jenis ini biasanya juga memiliki bagian yang lebih kaku di depan sehingga membuat jari jari kaki Anda lebih nyaman.

2. Sepatu untuk lari

Selain jalan kaki, lari juga merupakan olahraga yang cukup mudah dilakukan dan menjadi favorit banyak orang. Sepatu untuk lari atau running shoes biasanya memiliki tekstur yang sangat fleksibel untuk mendukung gerakan kaki Anda saat menekuk pada setiap kali Anda melangkah. Ada banyak model sepatu untuk lari atau running shoes di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, seperti harga sepatu Adidas.

3. Sepatu aerobik

Gerakan gerakan pada olahraga aerobik membuat Anda membutuhkan sepatu yang lentur dan fleksibel sehingga bisa menyesuaikan gerakan kaki Anda. Sepatu untuk aerobik didesain untuk bisa menopang beban kaki dan memiliki bantalan yang berfungsi untuk meredam. Bantalan ini juga dirancang untuk meminimalisir benturan pada kaki yang mungkin saja terjadi akibat gerakan gerakan yang dilakukan saat aerobik.

4. Sepatu tenis

Untuk melakukan olahraga seperti tenis, Anda membutuhkan sepatu khusus yang dirancang untuk kegiatan olahraga tersebut. Sepatu tenis didesain untuk mendukung gerakan ke samping sehingga memiliki bobot yang lebih berat dan lebih kaku dibanding sepatu lari.

5. Sepatu basket

Sepatu yang didesain untuk melakukan aktivitas olahraga seperti basket atau olahraga sejenis di lapangan tertutup hampir mirip dengan sepatu untuk tenis. Sepatu basket juga dirancang untuk mendukung gerakan gerakan ke samping. Namun untuk olahraga basket, sepatu dirancang untuk memiliki fleksibilitas yang cukup.

6. Sepatu sepak bola

Sepatu untuk olahraga sepak bola dirancang khusus untuk digunakan pada lapangan berumput, baik rumput asli ataupun buatan. Selain teksturnya, sepatu sepak bola juga haruslah bisa meredam tekanan pada kaki. Hal ini sangat penting untuk mencegah pemain sepak bola mengalami kapalan di permukaan kulit.

7. Sepatu cross trainer

Sepatu cross trainer adalah sepatu olahraga yang didesain untuk bisa digunakan dalam beberapa jenis olahraga. Sepatu jenis ini memiliki fleksibilitas di bagian depan untuk digunakan berlari, sekaligus memiliki kendali yang baik untuk bisa digunakan pada olahraga tenis atau aerobik.

Itulah beberapa jenis sepatu olahraga sesuai fungsinya. Saat ini ada banyak pilihan sepatu olahraga dengan harga yang terjangkau seperti harga sepatu Adidas. Dengan sepatu yang tepat, olahraga Anda bisa lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *