Gejala Alergi Obat yang Perlu Anda Waspadai

  • Whatsapp
Gejala-Alergi-Obat-yang-Perlu-Anda-Waspadai
Foto dari Canva Photos Unlimited

Alergi obat adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu obat tertentu. Obatan-obatan yang dimaksud termasuk obat bebas, obat resep, maupun obat herbal yang dapat menyebabkan alergi obat.  Alergi obat adalah salah satu jenis reaksi normal dari sistem kekebalan tubuh.

Apa Saja Gejala Alergi Obat?

Reaksi alergi obat biasanya akan muncul secara bertahap sesuai dengan sistem antibodi tubuh dalam menolak obat tersebut. Antibodi akan mendeteksi dan menyerang substansi dari obat itu. Pada sebagian kasus gejala baru timbul setelah beberapa hari atau berapa minggu setelah penggunaan obat. Apa saja gejala alergi obat yang umum terjadi?

  • Ruam pada Kulit

Ruam kulit adalah salah satu ciri-ciri seseorang mengalami alergi obat. Ruam kemerahan yang muncul karena alergi obat biasanya seperti terkena gigitan serangga tapi dalam jumlah yang banyak.

Kondisi ini muncul karena sistem kekebalan melepaskan zat histamine setelah Anda terpapar alergi. Histamin menyebabkan pembuluh Anda melebar dan kulit membengkak. Ruam kulit biasanya memudar dalam beberapa jam.

  • Gatal pada Kulit

Biasanya setelah Anda terkena alergi obat, Anda akan mengalami gatal-gatal. Gatal biasanya terjadi bersamaan dengan timbulnya ruam pada kulit. Gatal-gatal yang terjadi biasanya menyebabkan rasa panas dan juga perih saat digaruk.

  • Demam

Orang yang mengalami alergi obat biasanya mengalami demam. Demam terjadi karena tubuh melakukan pertahanan dari antibodi karena tubuh telah dimasuki zat-zat yang ditolak oleh tubuh. Demam biasanya akan mereda setelah Anda meminum obat pereda demam.

  • Sesak Nafas

Alergi obat juga dapat menyebabkan sesak nafas. Karena penyempitan saluran napas yang disebabkan oleh pembengkakan maka Anda akan mengalami sesak nafas. Hal ini disebabkan saluran pernapasan juga memberikan reaksi alergi yang cepat ketika mempunyai banyak lendir.

  • Nekrolisis Epidermal Toksik

Nekrolisis epidermal toksis adalah gangguan kulit yang jarang terjadi namun bisa membahayakan nyawa. Biasanya ini terjadi karena seseorang alergi terhadap antibiotik. Kulit dan selaput lendir akan melepuh dan mengelupas sehingga daging di bawahnya akan terlihat.

Itulah beberapa ciri-ciri alergi  yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami alergi obat segera pergi ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *